Harga Jasa Surveyor 2023

 Harga Jasa Surveyor 2023

Harga Jasa Surveyor Tanah dan Kelautan.

Harga Jasa Surveyor
Harga Jasa Surveyor 2023


Dalam Dunia Teknik, Khususnya Teknik Sipil dan Arsitektur, Penentuan Posisi Bangunan pada jalan jembatan, Bangunan gedung dan lainnya sangatlah Penting.

Dalam menentukan Posisi Bangunan tersebut, sangat memerlukan data awal atau Preliminary, sebagai bahan awal perencanaan atau informasi terkait Fitur tanah dan kedalaman laut (Untuk Dermaga).

Informasi yang diperoleh berkaitan dengan pekerjaan Pengukuran langsung di lapangan, pekerjaan ini Melibatkan Surveyor dan perlatan untuk menunjang Hasil Yang Baik.

Surveyor adalah Seorang Ahli dalam Bidang Pengukuran Topografi atau Umum disebut survey pemetaan dan atau survey tanah.

Profesi Surveyor Bertugas langsung dalam memperoleh data lapangan secara mendetail, dengan keahlian Khusus dengan Visualisasi dan pengalaman panjang, dapat memperoleh data yang informatif dan Akurat.

Awalnya surveyor adalah orang yang bertugas dalam menentukan batas-batas suatu properti secara legal. Mereka menyediakan data dan menyusun dokumen hukum berdasarkan hasil survei. 

Ini Biasanya mendukung Proyek pembangunan, pembuatan peta, real estate, dan proyek lainnya. Surveyor bisa mendalami berbagai bidang dan industri. 

Misalnya, dalam teknik sipil, seorang surveyor biasanya akan berfokus dengan infrastruktur.

Berbeda dengan arsitektur, surveyor akan berfokus pada luas tanah hingga legalitas tanah.

surveyor biasanya bekerja untuk pemerintah, perusahaan konstruksi, atau lembaga yang menyediakan layanan khusus survei. 


 Surveyor tanah biasanya dapat menentukan batas property dengan baik dengan ditunjang teknologi saat ini, selain itu, 

berikut Hal Penting yang dimiliki surveyor dalam dunia proyek dan properti serta sektor lainnya.

Hal Penting Apa Saja yang dimiliki surveyor? berikut ulasannya..

  • Pendidikan, Pelatihan, & Sertifikasi
  • Profesi ini membutuhkan pendidikan dan akreditasi.
  • Perhatian terhadap detail
  • Keterampilan berbicara
  • Keterampilan mendengarkan
  • Keterampilan manajemen waktu
  • Keterampilan Pengolahan data dan Penyajian Informasi.


- Pendidikan : Gelar sarjana diperlukan untuk bekerja sebagai surveyor. Sebagian besar pemberi kerja lebih memilih kandidat pekerja yang mengambil jurusan survei, namun ada pula yang akan mempekerjakan pekerja yang memiliki gelar di bidang teknik sipil dan kehutanan.


- Pemahaman bacaan : Anda harus mampu memahami dokumen tertulis seperti Sertifikat dan Gambar kerja Untuk Surveyor Konstruksi.

- Matematika : Diperlukan kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip matematika untuk memecahkan masalah pada saat di kantor atau secara langsung di lapangan.

- Perhatian terhadap detail : Akurasi adalah hal yang paling penting karena Anda akan menyiapkan dokumen hukum. Anda juga harus sangat berhati-hati saat melakukan dan mencatat pengukuran.

- Keterampilan mendengarkan: Anda harus memahami instruksi dari Pemberi kerja, termasuk Seorang arsitek dan manajer proyek atau siapapun yang berkepentingan.

- Keterampilan berbicara: Anda harus mengkomunikasikan informasi kepada anggota tim dan klien Anda.

- Keterampilan manajemen waktu :  Surveyor Sangat Penting untuk merencanakan waktu Anda sendiri dan tim Anda pada setiap pekerjaan, Misalnya: pada saar merencanakan sebelum pekerjaan dan pekerjaan dihari berikutnya.

- Keterampilan Pengolahan data dan Penyajian Informasi: Era Teknologi Surveyor Harus memiliki Keterampilan dalam Softskill dan Hardskill seperti software Workstation dan hal yang berkaitan dengan teknologi Survey hingga Peralatan lapangan seperti: GPS (Global Positioning Sistem (RTK, GPS Geodetik), Theodeolit atau Total Station dan aplikasi survey lainnya.

Dengan Tuntutan Keterampilan yang serba Bisa dan memiliki banyak kemampuan ini, Berapakah Harga Surveyor Yang Pantas? 

Harga Surveyor biasanya mengacu Terhadap Pekerjaan Proyek yang berjalan dan yang dihadapi, selain itu, Dari pengalaman dan skill lainnya, Ini Tergantung dari jenis pekerjaan, 

Berikut adalah Harga Surveyor berdasarkan Jenis-jenis Aplikasi Proyek,

  1. Surveyor Konstuksi
  2. Surveyor Topografi
  3. Bathymetri surveyor
  4. Laser Scanner
  5. Pilot Drone Foto Udara atau Lidar
  6. Surveyor Kadastral dan lainnya.  
Surveyor di Konstruksi - Surveyor Konstruksi memiliki skill tinggi mulai dari Memahami gambar rencana, Superimpose Gambar kerja, penentuan titik bangunan, penentuan titik pondasi, menentukan Ketinggian rencana bangunan dan lainnya

Biasanya untuk Harga Surveyor Konstruksi berkisar antara 1.000.000, (Satu Juta) hingga 3.000.000 (Tiga Juta Perhari) ini sudah termasuk dengan peralatan seperti: Teodolit total station, workstation, levelling dan lainnya.

Surveyor Topografi - Surveyor Topografi ahli dalam menentukan Titik-titik fiture alami dan buatan untuk dijadikan sebuah peta, dengan Visualisasi berdasarkan pengalaman, surveyor topografi biasanya  Harga Jasanya berkisar antara 3.500.000 (Tiga Juta Lima Ratus Ribu) Hingga 7.000.000 Per hektarnya.

ini dihitung berdasarkan tingkat kesulitan medan yang dihadapi untuk dilakukan pengukuran, termasuk dengan Pekerjaan penentuan Batas Properti, Pengukuran Profile melintan dan memanjang, pemasangan benchmark hinggal Jadi Peta Kontur yang akurat.

Harga Surveyor Laut - Surveyor Laut atau Bathymetric surveyor Memiliki Tingkat Resiko yang tinggi dalam pekerjaannya, karena pekerjaan survveyor ini dilakukan diatas perairan baik Danau, Sungai, Laut atau dekat pantai.

Biasanya Jasa Surveyor ini Berkisar mulai dari 25.000.000 (Dua Puluh Lima Juta) untuk setiap pengukuran, dihitung dengan peralatan seperti Singlebeam Echosounder, berbeda dengan Multibeam Echosounder itu lebih tinggi kisaran harga jasanya.

Harga Surveyor Laser Scanner - Laser Scanner biasanya bekerja untuk pemindaian secara langsung di lokasi, dengan hasil yang akurat 2 hingga 4 milimeter, menjadikan survey ini banyak digunakan pada Industri Minyak dan gas / Migas, Pertambangan dan lainnya. untuk jasa ini sangan Kompleks dan beragam. 

kisaran harga jasa surveyor laser scanner adalah Mulai dari 20 juta, Sewa alat ini masih tergolong tinggi, dan proses data bisa sampai dengan mendekati bentuk sebenarnya. Surveyor ini banyak digunakan untuk industri Besar yang memiliki Pabrik dengan tingkat perpipaan atau struktur yang kompleks.

Drone Foto udara dan Surveyor Lidar - Harga SUrveyor lidar saat ini banyak ditemui dengan biaya kisaran 100ribu hingga 3,5Juta rupiah per Hektar pekerjaan, ini biasanya mencakup dengan luas area yang besar, Banyak digunakan dalam berbagai industri seperti pertambangan, perkebunan, Pertanian dan lain-lain.

Surveyor Kadastral - SUrveyo kadastral memiliki Profesi yang didukung dalam pemerintah Indonesia, saat ini suurveyor ini dinamakan Surveyor Berlisensi, artinya memiliki lisensi legal untuk proyek kadastral sejajar dengan petugas pemerintah atau BPN (Badan Pertanahan Nasional), 

yang membedakan adalah Surveyor ini tidak mengeluarkan Luasan tanah yang legal, hanya Terbatas membantu dalam menentukan Luas Area dan lokasi.

Harga Surveyor Kadastral yaitu Kisaran antara 1.500.000 hingga 3.500.000 dalam Hitungan per hektar atau 10.000 (Sepuluh Ribu) Meter persegi dan Atau .

Itulah Harga Jasa Surveyor di Indonesia Pada tahun 2023, untuk referensi secara umum, namun pada dasarnya, itu tergantung dengan luas Area dan Karakteristik medan yang dihadapi.

Sumber: Harga Jasa Surveyor Tanah