JASA SURVEY TOPOGRAFI JAKARTA | KONSULTAN PENGUKURAN

 PENGUKURAN TOPOGRAFI SURVEY DI INDONESIA. JASA SURVEY TOPOGRAFI JAKARTA

Survey Topografi, atau pengukuran tanah, atau juru ukur tanah, adalah kegiatan menggambarkan bentuk bumi konversi ke bidang datar atau yang di sebut peta yang memiliki ukuran persis dengan objek yang di ukur, tetapi dirubah menjadi miniatur jarak menjadi gambar informatif

Jasa survey topografi Jakarta, Indonesia Topography company
Jasa survey indonesia

DKI JAKARTA Merupakan Pusat Administratif dari perusahaan - perusahaan yang memerlukan jasa pemetaan topografi, Menurut Wilayahnya, terdiri dari beberapa Bagian, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta selatan dan kepulauan Seribu. 

Jakarta sebagai Ibukota negara Indonesia berbatasan langsung di sebelah selatan dengan kabupaten Bogor, Sebelah barat berbatasan dengan Tangerang, tangerang dengan Provinsi Banten (ujung Kulon),  Sebelah timur berbatasan dengan Bekasi, 

Dan kabupaten bekasi, setelah bekasi cikampek dan purwakarta, Sedangkan sebelah Utara berbatasan dengan Laut jawa, sejajar dengan Muara gembong, kabupaten bekasi.

Saat ini Pengukuran Topografi dapat dilakukan dengan berbagai cara dengan metode konvensional, metode ini menggunakan peralatan manual seperti Theodilite, T2, T0.

saat ini penggunaan alat manual seperti theodolite, dll. Jarang di gunakan, hanya untuk pengenalan dasar-dasar survey dan dipakai dikalangan pelajar dan mahasiswa, sedangkan sekarang survey topografi berbagai macam jenisnya, contohnya yang sering di gunakan Yaitu:

  • Total Station 
  • Real Time Kinematics (Gps Gnss)
  • Survei Foto Udara menggunakan drone 
  • Survey Lidar 

Survey Topografi Jalan
Survey Topografi menggunakan Total staion Leica

Total station adalah pengembangan dari peralatan manual seperti T0 atah theodolite, total station banyak dimiliki pengusaha jasa survey topografi, saat ini banyak yang menyewakan alat ini dan beragam (tergantung Merk), total station yang familiar dalam dunia topografi yaitu Merk Leica, Sokkia, Topcon, dan banyak lainnya.

survey pemetaan dengan cara ini, mudah dilakukan, pertama anda harus membuat titik Referensi benchmark, benchmark di ukur menggunakan metode Geodetik atau survey geodetik selama 1 - 2 jam pengamatan, benchmark harus dibuat minimal 1 pasang supaya memiliki sudut sesuai dengan arah mata angin.

setelah benchmark dipasang dan dilakukan pengamatan, maka sudah seharusnya dilakukan proses data untuk mendapatkan nilai koordinat dari benchmark tersebut, nilai tersebut yang di pakai acuan arah pengukuran kita. koordinat merupakan kalkulasi azimuth dari titik A ke B, atau sebaliknya 180 derajat.

kemudian, dilakukan orientasi untuk mendapatkan arah sudut yang sebenarnya, di peta arah mata angin menghadap ke titik 0 adalah arah utara, umumnya tampilan pada peta. pengukuran topografi menggunakan alat konvensional ini sangat detail, karena memungkinkan dapat di kontrol olah visual sehingga dengan mengukur menggunakan alat total station efektif dilakukan.

  • Realtime kinematics (RTK)
jasa survey topografi RTK, cut and fill survey, quality survey kubikasi
Topografi Survey cut and fill, Galian timbunan menggunakan survey Realtimekinematics RTK


Pengembangan demi pengambangan peralatan survey beragam, selain pengalihan dari manual ke digital total station, kini dapat menggunakan RTK, 

RTK adalah Alat GPS yang dapat di fungsikan menjadi 2 fungsi, yaitu untuk pengukuran geodetik, dan pengukuran cepat geodetik, alat RTK dapat digunakan beberapa cara N-TRIP, dan Koreksi langsung.

Ntrip adalah, metode pengukuran RTK dengan menggunakan 1 Rover saja, Ntrip menerima sinyal koreksi langsung dari stasiun Pemancar Milik Badan Informasi Geospasial atau BIG, BIG memancarkan koreksi berdasarkan lokasi dan wilayah, di indonesia tidak semua tempat memiliki pancaran koreksi dari stasiun BIG, 

Sedangkan dengan cara langsung, yaitu koreksi langsung onsite antara base dan rover, base pengirim sinyal koreksi sedangkan rover penerima koreksi, base di pasang di titik referensi kita yaitu tugu konkrit atau benchmark, base dalam posisi settingan koordinat sebenarnya, sehingga posisi rover melakukan pengukuran situasi pada media yang kita ukur,

dalam metode ini, dapat dilakukan hanya di tempat terbuka seperti tanah lapang, sawah, dll. sedangkan untuk kawasan tertutup seperti hutan dan perkebunan yang pohonnya tinggi, kurang efektif dilakukan.

Jasa Survey Foto Udara, Aerial UAV Drone Mapping
Pemetaan Foto Udara

Survey Topografi jakarta, menggunakan foto udara sangat menghemat waktu dan biaya, selain menghemat waktu pengukuran, karena menggunakan pesawat tanpa awak atau UAV (Unmanned aerial vehicle), di sebut juga aerial survey, atau aerial fotogrametri ini tidak halangan seperti halnya pengukuran konvensional lokasi di hutan harus merintis pepohonan, dan menggunakan RTK harus mencakup lokasi terbuka,

survei Pemetaan foto udara, saat ini banyak di gunakan untuk keperluan yang berbeda-beda, seperti kegian konstruksi, foto udara dan video di udara digunakan untuk laporan berkala dan inspeksi project.

penggunaan lain yaitu untuk pemetaan wilayah, daerah, dan area sebagai data awal (preiminary), sebagai inspeksi tanah perkebunan, untuk pemetaan batas lahan, dan lain sebagainya, keluaran hasil dari survei foto udara yaitu Foto Udara, Peta Garis, Orthophoto, DEM, DSM, dan Garis kontur.

foto udara banyak peminat baik yang membutuhkan jasa pemetaan udara, atau membuka bisnis di bidang aerial surveying, karena tidak menyita waktu lama.

Pemetaan udara dapat mencakup area yang luas yang ribuan hektar hanya dilakukan dalam hitungan minggu, sedangkan jika di ukur dengan menggunakan total stasiun dan GPS RTK akan berbulan-bulan.

 Seperti Halnya menggunakan Drone, digunakan untuk pemetaan di udara pada umumnya, dilakukan penerbangan di udara membuat jalur pengukuran agar ter-cover area pengukuran sesuai yang di rencanakan.

Lidar Singkatan dari Light Detection and Ranging, yaitu alat sensor atau optik yang terpasang di komponen foto udara, yang berfungsi mendeteksi media dan mengukur media menggunakan pantulan Laser.  

Sedangkan Drone UAV tanpa lidar, menggunakan pantulan Cahaya sebagai mediasi antar objek antara kamera yang terpasang di pesawat tanpa awak dan media pengukuran.

dari hasil yang didapatkan, Survey lidar mempunyai hasil datanya yaitu point cloud, point cloud adalah titik-titik pengukuran dari sensor berjumlah jutaan dan memiliki korrdinat, sedangkan menggunakan drone tanpa lidar hanya terbentuk foto.

berikut perbandingan dari hasil foto udara dan survei lidar:

jasa survey lidar indonesia, indonesia's lidar survey and mapping
LIDAR VERSUS FOTOGRAMETRI

Terlihat dari gambar komparasi tersebut, Survey lidar memiliki objek detail, dengan menggunakan sensor yang sama di gunakan oleh alat survey Laser Scanning, survey lidar terbentuk lebih mendekati yang sebenarnya.

perbandingan harga survey lidar, atau aerial lidar survey and mapping >> fotogrametri, jasa foto udara, jasa pemetaan foto udara, aerial survey photogrametry. Cukup signifikan,
  1. Foto Udara 100 - 1000 Ha = 200 - 1000 Ribu per Hektar, Sedangkan harga jasa survey lidar
  2. Survey Lidar 100 - 1000 Ha = 1.700.000,- per hektar 
Perbandingan harga tersebut cukup signifikan, sehingga tergantung kepentingan dan keperluan data survey untuk perencanaan konstruksi atau ? tergantung dengan penggunaan.

Selain itu, Teknologi Lidar diaplikasikan dalam Bidang jasa survey Geologi, Arkeologi, geografi, geomorfologi, seismologi, Geodesi, Perencanaan di dunia konstruksi, industri, tambang minyak dan gas (oil and gas), Pertambangan (Mining) Geothermal, infrastruktur, perumahan non perumahan. jasa inspeksi, pengawasan dll.

Sekian blog atau website jasa survey topografi, dari kami, 
selanjutnya akan kita bahas mengenai:

Jasa Survey hidrografi, batimetri atau batymetric survey, dan pengukuran observasi pasang surut
jasa survey kosntruksi,
jasa survey asbuilt 3D menggunakan alat laser scanning,
asbuilt 2 dimensi,
jasa survey geolistrik
ground penetrating radar,
resistivity, geologi teknik atau soil investigasi
pengukuran permukaan atau plane surveying, dll.

Baca Juga tutorial: