TEKNIK SURVEI BATIMETRI UNTUK KONSTRUKSI LAUT

TEKNIK SURVEI BATIMETRI

APA ITU TEKNIK SURVEI BATIMETRI ? APA MANFAATNYA ?
Jasa Sub Bottom Profiler
Pengukran Bathymetry, Hidrografi dan Sub Bottom Profiler



Kontak Jasa :    0822-1515-2011

 Teknik Survei Batimetri adalah Kegiatan Pemeruman (Sounding) di Permukaan Bawah air, Bagian dari Ilmu Hidrografi dan Geodesi merupakan suatu teknik Sipil dalam menghubungkan keterkaitan ilmu.

Hidrografi adalah Ilmu kelautan yang mempelajari mengenai pekerjaan di air, fiture alami di air dan merupakan informasi tentang perairan, dalam wilayahnya Hidrografi terdiri dari 3 Bagian, yaitu:
  • Survey Hidrografi Laut
  • Survey Hidrografi Pantai & Garis Pantai.
  • Survey Hidrografi Lepas Pantai (Offshore)
Survey Hidrografi mempunyai metode teknik dalam implementasi di lapangan, yakni:
  1. TEKNIK SURVEI BATIMETRI
  2. Analisa atau Observasi Pasang surut air laut
  3. Pengukuran Arus Air (Alat: Current Meter)
  4. Sub Bottom Profile
  5. Underwater Survey (Observasi Biota Laut / Terumbu Karang)
  6. Survey Topografi Pantai dan Garis Pantai dikenal Survey "Nearshore"
Teknik survei batimetri dalam perkembangannya sangat pesat walaupun merupakan hanya bagian dari survey Hidrografi, survei ini merupakan peran penting dalam survey pemetaan di laut dan sungai. 

teknik dengan survei ini menggunakan peralatan yang tidak sedikit berbagai macam teknologi Menunjang dalam pekerjaan ini. 

Teknologi Merupakan Bagian Terpenting dalam Hal Survey di laut, ketelitian dan peralatan haruslah menunjang, mengingat yang dihadapi adalah medan air atau laut, 

medan air merupakan medan terberat dalam dunia survey pemetaan. di karenakan yang dipertaruhkan nyawa. Oleh karena itu Faktor safety dalam pekerjaan survey Batimetri harus lengkap, 

Sebgaiknya peralatan harus memadai segi hal lama waktu pemakaian (baterai), cadangan Baterai, Pengalaman dalam melakukan survey dan kematangan perangkat lainnya dan sumber daya manusia.

Dalam Hal Jenis Peralatan, Teknik survey batimetri (Bathymetric surveying) dibagi dalam 2 Kategori, dapat dilakukan dengan peralatan Sounding Single Beam dan Multi Beam. 

Baik single-beam maupun multi-beam Akan Kita Bahas mengenai peralatan dan fungsinya secara umum, berikut pembahasannya:

  • Pertama, Echo Sounder Merupakan Alat Pemeruman atau perekaman kedalaman berdasarkan air sebenarnya. Analoginya begini dalam pelaksanaan teknik survey betimetri kita di pengaruhi pasang surut air, setiap detik, menit, jam, hari, bulan bahkan tahun itu akan berbeda-beda kenaikan dan penurunan air. alat ini Sanggup melakukan perekaman apa adanya saat pengambilan data di lapangan atau data mentah.


  • Alat GPS / Global Positioning System. Alat ini di singkat GPS namun jika di telusuri secara mendalam Metode yang digunakan adalah GNSS. GNSS singkatan dari Global Navigation Satellite System merupakan suatu metode pengoperasian dan kesesuaian dari gabungan beberapa sistem satelit navigasi seperti GPS, GLONASS, dan Galileo yang disediakan untuk kepentingan sipil (Konstruksi, Perkebunan, Properti dll) dan survey batimetri di seluruh dunia. Merupakan Teknologi Terkini, Selain Untuk Pemetaan lahan di Darat (land Survey) Alat GPS mampu Memberikan "Positioning" di Laut, dalam pengukuran di laut / Offshore, terdiri dari 2 Metode GPS, yaitu DGPS dan GPS RTK. DGPS adalah Differensial Global Positioning: suatu Perangkat lunak yang mendapatkan posisi pengukuran langsung dari Satelit. sedangkan GPS RTK melalui Koreksi dari titik Referensi atau Benchmark.
  
  • Perangkat lunak dan Komputer / PC. Perangkat ini bermanfaat untuk penggabungan atau titik pusat dari echosounder dan GPS (Kedalaman dan Posisi), Berbeda dengan pengukuran di darat, pengukuran di darat dalam pemakaian satu alat mendapatkan posisi kooordinat (X, Y, dan Z) dapat langsung di gunakan sebagai final atau pengolahan standar, yang artinya hanya satu langkah pekerjaan. Perangkat komputer dan PC di lengkapi dengan kabel Aten Seri:232 (yang kami gunakan untuk survey batimetri) kabel in berfungsi sebagai penyambung Port aten to USB atau sebaliknya.


  • Alat Ukur Waterpass (Teropong atau Teleskop) Bak Ukur Waterpass, Atau Alat Automatik Tide Correction seperti Merk Valeport. Berfungsi untuk Mengumpulkan data ketinggian air laut selama minimal 14 hari, jika memakai cara manual dapat dilakukan menggunakan alat ukur waterpass Level atau Teropong (Teleskop) Rekomendasi kami menggunakan Waterpass, karena waterpass Level dapat juga di fungsikan untuk pengukuran pengikatan antara Bak ukur ke Benchmark, ini sebagai Bahan untuk pembuatan laporan akhir berbentuk (Chart Datum).


  • Total Station (Alat Ukur Land Surveyor) alat ukur ini digunakan untuk mengukur lokasi dekat pantai atau garis pantai dilakukan sebagai korelasi antara hasil pengukuran laut dan darat. Land survey ini Termasuk prioritas, mengingat hampir semua pekerjaan konstruksi di mobilisasi dari darat, sebagai informasi teknis dapat juga untuk informasi non teknis dan moda darat untuk menunjang Konstruksi Laut seperti Pembangunan Port / Harbour / Jetty / Dermaga, Bangunan Pemecah Gelombang atau Ombak, fasilitas dermaga dan Konveyor, serta konstruksi  pelabuhan lainnya.  

Baca Juga Tutorial Alat Survey Total Station (Leica)

  • Aksesories Lainnya: aksesories lainnya yaitu merupakan tingkat kepentingan yang sama, karena saling keterkaitan bersama alat inti seperti Echosounder, GPS dan Perangkat lunak, tambahan peralatan ini bisa dibilang tambahan namun utama seperti: AtenRS232, Baterai Eksternal GPS,  Baterai eksternal laptop (opsi lainnya menggunakan General set / Genset), Handheld Gps, Compass, Hand Sounding dan lain sebagainya.
Dalam Hal peralatan yang digunakan dan jenis metode yang biasa kami gunakan, Semoga dapat menjadi acuan Pembuka pemikiran dalam hal "Teknik Survey Batimetri" 

pekerjaan yang terdiri dari lapangan dan Kantor, perusahaan manapun akan membutuhkan Jasa Teknik survey Batimetri jika area kerja di laut. 

baik mencakup wilayah kelautan, sungai dan lepas pantai atau Offshore dan Pengerukan atau Dredging.

Metoda yang digunakan cukup mudah dan Beralasan, Mengingat metoda ini digunakan dari tahun ke tahun, semoga susunan yang tepat dan efisien untuk pembaca.

Artikel Terkait: 
+TAGS