Biaya Survei Batimetri di Indonesia tahun 2024



Kita akan Mulai Bertanya tanya mengenai Biaya Survei Batimetri, Baik Untuk Perencanaan, Studi Kampus, Industri profesional dan Keperluan lainnya.





Jasa Survey Hidrografi
Hydrographic survey services for Port Harbour, Jetty atau Dermaga


Hidrografi (atau geodesi kelautan menurut pandangan awam) adalah ilmu tentang pemetaan laut dan pesisir.  Hidrografi menurut International Hydrographic Organization (IHO) adalah ilmu tentang pengukuran dan penggambaran parameter-parameter yang diperlukan untuk menjelaskan sifat-sifat dan konfigurasi dasar laut secara tepat, hubungan geografisnya dengan daratan, serta karakteristik-karakteristik dan dinamika-dinamika lautan. 

Secara etimologi, Hidrografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata “hidro” yang berarti air dan “grafi” yang berarti menulis, hidrografi artinya gambaran permukaan bumi yang digenangi air.


Dalam ilmu hidrografi lebih banyak disinggung tentang pemetaan di daerah perairan secara praktis yang disebut dengan survei hidrografi. Jenis survei hidrografi berdasarkan wilayahnya adalah:

- Survei Tepi Pantai
- Survei Perairan Pantai
- Survei Lepas Pantai

Instansi Pembina Di Indonesia:
Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut(Pushidrosal) adalah Kotama Pembinaan TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal). 

Picture 01. Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut(Pushidrosal)

Sebelumnya satuan ini bernama Dinas Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Dishidrosal). 


Pushidrosal mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan Hidro-Oseanografi (Hidros) yang meliputi survei, 

penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum, 

Dan menyiapkan data serta informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Fungsi Hidrografi;

1) Mengetahui kedalaman air laut

Mengetahui kedalaman air laut digunakan untuk penelitian,dan hasilnya nanti bisa di manfaatkan oleh masyarakat

2) Mengetahui pasang surut yang terjadi di laut/pantai


Pasang surut berperan penting bagi kehidupan karena pasang surut air laut digunakan nelayan sebagai arah mata angin,dan juga penentu tsunami


3) Sebagai gambaran pembuatan peta provinsi/daerah.


Pengukuran danau/laut biasa muncul di peta provinsi, Kegunaan sebagai ukuran untuk memeriksa panjang dan lebar dataran laut/danau,kemudian di per-kecil dengan skala.

Setelah kita Membahas Pengertian dan fungsi, maka berlanjut ke Tahapan Pekerjaan, Yang akan kita bahas berdasarkan pengalaman kami selama survey Baik Single-Beam atau Multi-beam.

Kali ini kita Bahas menggunakan peralatan Menggunakan Single Beam.


Tahapan Pekerjaan:

  • Pemasangan Benchmark, atau Referensi koordinat, ini dilakukan pengamatan Survey geodetik Selama 1 - 2 Jam untuk mendapatkan Koordinat dan Elevasi mengikat datum global Wgs84, Tergantung Zona, misalnya lokasi Lampung memakai Zona 48S atau lihat di sini:

Pembagian Zona Universal.

pemasangan Pasang Surut di antaranya alat otomatis Valeport dan Rambu Ukur secara kokoh, pastikan rambu ukur di Dekat/di jangkau Benchmark dan berdekatan, ini berfungsi untuk mengukur elevasi atau kegiatan transfer nilai elevasi dari referensi Benchmark ke Rambu Ukur, sebagai bahan dasar pembuatan tabel Chart Datum, menggunakan alat Waterpass Level.

Dari pengertian tersebut dapat dijabarkan lagi bahwa chart datum adalah bidang referensi yang berupa permukaan terendah air laut yang digunakan sebagai acuan tinggi (kedalaman) dalam pembuatan peta laut yang diperoleh dari hitungan dan analisis data pengamatan pasang surut air laut.


Chart datum merupakan Kesimpulan Dari prosesing gambar hidrografi, karena Memuat informasi mengenai Hubungan antara Beda Tinggi dari Benchmark Ke Rambu Ukur, kemudian Dari kelompok Rambu ukur terdapat Hubungan Beda tinggi dan informasi Muka Air laut Rata-rata (MSL/DPL), MSL,LWL, Dan HWL. HWL air tertinggi, LWL air tersurut atau Terendah.

  • Setelah terpasang dan mulai pengamatan pasang surut air laut, maka dilakukan Pengukuran batimetri menggunakan single Beam, alat yang terpasang Yaitu: GPS RTK/DGPS differensial Global Positiong System Baik DGPS atau RTK, Echo sounder, Reciever, Tranducer, laptop, Genset, peralatan Safety, kamera.
  • Sebelum melakukan pengukuran cek terlebih dahulu kalibrasi dari alat tersebut, karena settingan alat akan mempengaruhi di keadaan dangkal atau dalamnya air laut, settingan tersebut dapat anda kontrol pada Grafik pada saat sudah menjalankan Perahu.
  • Setelah Semua Area Tercover, maka selanjutnya Melakukan Pengukuran Garis Pantai dikenal Nearshore, kegiatan ini disebut pengukuran Topografi Pantai dengan maksud dan bertujuan kolekting data darat dan laut tercapai sehingga kelengkapan data dari segi merencanakan konstruksi tercukupi, sebagai bahan pembuatan peta laut.



Dengan Latar belakang dan contoh pekerjaan di atas, maka dapat di Simpulkan berapa biaya yang harus di keluarkan oleh pemakai jasa hidrografi: 


Simak Tabel Rincian Berikut ini;



Mobilisasi dan Demobilisasi               =    Tergantung Lokasi Survey Berbeda - beda setiap Lokasi survey

Pemasangan Benchmark                =    1 Titik Biasanya 900.000,- s/d 2000.000 (Tergantung Berapa banyak, dan spesifikasi BM)

Valeport (Tide Correction)                        =         500.000 s/d 1.500.000 /hr

Single Beam                                              =        Per-hari 500.000 s/d 1.500.000

Waterpass  Level                                       =        Per-Hari 100.000 s/d 350.000

GPS RTK                                                   =        900.000 s/d 1.500.000  /hr

Laptop (Akuisisi Data)                               =        100.000 s/d 500.000  /hr

Kamera    (Dokumentasi Survey)               =        50.000 s/d 100.000,-  /hr
GPS Handheld45.000 s/d 70.000

Genset/Baterai External                              =        500.000 s/d 1000.000,-  /hr

Sewa Perahu + Motorist                              =        500.000 s/d 1.500.000  /hr

Sewa Mobil                                                  =        500.000 s/d 2000.000  /hr

Comsumabe                                                   =        l300.000 s/d 1000.000,-  /hr

& Internet Akses 

Dari tabel di atas, bisa di hitung secara keseluruhan, biaya belum termasuk laporan akhir dan proses data, selanjutnya dapat menjadi acuan harga satuan untuk mencari vendor jasa hidrografi.


harga di atas adalah biaya untuk pengukuran menggunakan peralatan single Beam, sedangkan untuk multi beam, lebih tinggi dan pengukuran laut dalam.


Sekian informasi yang di berikan, sumber adalah berdasarkan pengalaman selama bekerja sebagai vendor hidrografi.

Sumber                 Jasa Survey Hidrografi
Info Jasa           :    0822-1515-2011.
Email                :    info@geopasi.com