Jasa survey pemetaan topografi

JASA SURVEY PEMETAAN TOPOGRAFI

Jasa survey pemetaan topografi sangat banyak di dapat saat ini, jasa ini dapat anda peroleh dalam pengukuran lahan area kecil dan besar,


Dalam area kecil survei topografi banyak di fungsikan sebagai:
1. Perizinan IMB dan Peta rumah (Batas lahan perumahan / kadaster)
2. pengukuran lahan peta kontur untuk arsitektur
3. Pengukuran awal untuk desain teknik sipil
4. untuk jasa inspeksi / pengecekal area perumahan, perkantoran dll.

masih banyak fungsi dari pemetaan topografi,, 

secara ilmiah pemetaan topografi adalah adalah suatu peta yang memperlihatkan keadaan bentuk, penyebaran permukaan bumi dan dimensi. Sebuah peta topografi biasanya terdiri dari dua atau lebih peta yang tergabung untuk membentuk keseluruhan peta. Sebuah garis kontur merupakan kombinasi dari dua segmen garis yang berhubungan namun tidak berpotongan, ini merupakan titik elevasi pada peta topografi atau di sebut juga vertikal.

Pusat Informasi memberikan definisi untuk peta topografi sebagai berikut:


  • Sebuah peta topografi adalah representasi grafis secara rinci dan akurat mengenai keadaan alam di suatu daratan.

  • Penulis lain mendefinisikan peta topografi dengan membandingkan mereka dengan jenis lain dari peta, mereka dibedakan dari skala kecil "peta sorografi" yang mencakup daerah besar "peta planimetric" yang tidak menunjukkan elevasi dan "peta tematik" yang terfokus pada topik tertentu

  • Karakteristik unik yang membedakan peta topografi dari jenis peta lainnya adalah peta ini menunjukkan kontur topografi atau bentuk tanah di samping fitur lainnya seperti jalan, sungai, danau, dan lain-lain. Karena peta topografi menunjukkan kontur bentuk tanah, maka peta jenis ini merupakan jenis peta yang paling cocok untuk kegiatan outdoor dari peta kebanyakan.

Berdasarkan Fungsinya:


Peta topografi dibuat untuk memberikan informasi tentang keberadaan, lokasi, dan jarak, seperti lokasi penduduk, rute perjalanan dan komunikasi. 

Peta topografi juga menampilkan variasi daerah, ketinggian kontur, dan tingkat tutupan vegetasi. Dengan kekuatan militer yang tersebar di seluruh dunia, maka militer bergantung pada peta untuk memberikan informasi terhadap unsur-unsur tempur dan untuk menyelesaikan operasi logistik. Mobilitas tentara dan material yang harus diangkut, disimpan, dan ditempatkan ke dalam operasi pada waktu dan tempat yang tepat. 

Banyak dari perencanaan ini harus dilakukan dengan menggunakan peta. Oleh karena itu, setiap operasi memerlukan pasokan peta, tetapi meskipun kita memiliki peta terbaik, peta tidak akan berharga kecuali pengguna peta tahu bagaimana cara membacanya.

Saat ini peta topografi tidak hanya di kalangan Militer, perumahan, sektor industri, pertambangan, energi, mineral, dan migas menggunakan informasi fitur tanah yang berada di dalamnya untuk kepentingan konstruksi dan informasi pembebasan lahan.


Definisi Peta, berdasarkan Skala Dan Jenis Peta, di bagi Menjadi 3 Jenis
  1. Kecil
  2. Menengah
  3. Besar
  • Kecil. Skala 1:1.000.000 dan lebih kecil digunakan untuk perencanaan umum dan untuk studi strategis seperti konstruksi. Peta skala kecil standar memiliki skala 1:1.000.000. Peta ini meliputi area yang sangat besar tanpa memperhatikan detail seperti rumah pepohonan dll.

  • Menengah. Peta dengan skala lebih besar dari 1:1.000.000 tetapi lebih kecil dari 1:75.000 digunakan untuk perencanaan operasional. Peta ini mengandung detail dengan jumlah sedang. Peta skala menengah standar memiliki skala 1:250.000. atau skala 1:100.000.

  • Besar. Peta dengan skala 1:75.000 dan lebih besar digunakan untuk perencanaan taktis, administrasi, dan logistik. Peta jenis inilah yang sering ditemukan dan digunakan pihak militertadi dan kepentingan bisnis Industri dll. Peta skala besar standar 1:50.000, tetapi banyak daerah telah dipetakan dengan skala 1:25.000. untuk keperluan lainnya.
Dengan demikian dapat di Simpulkan bahwa Jasa Survey pemetaan Topografi sangat luas, dengan skala besar, kecil dan menengah. Perusahaan anda membutuhkan untuk keperluan apa?

konsultasikan kepada kami, akan kami beri opsional untuk pemaikaian alat dan metoda yang di pakai.

Terima kasih salam 

Baca Juga Tutorial Software dasar untuk jasa survey topografi