Belajar survey dan pemetaan

Belajar survey dan pemetaan
Belajar survey dan pemetaan, dapat anda lakukan dengan mengikuti training-training di lembaga-lembaga penyedia jasa trainig,

tapi sebelum beralih ke arah situ, bagaimana minat anda?

secara teknik banyak survey pemetaan baik di Darat, di laut dan di udara

di darat pemetaan menggunakan meteran, alat theodeolite, sekarag Total Station. Metode Realtime Kinematics dll.

tahap awal anda belajar survey pemetaan yaitu:

1. Pengenalan Alat ( Tripod, Rambu ukur. Meteran, Jalon dll), atau sekarang (Total Station: Tribrach, carrier, Tripod, Prisma, mini Prisma dll)
2. Sentring alat, Setring alat ada 2 tahapan, yang pertama mengarahkan dari tripod ke paku, dan kedua sentring optris dari alat ke paku, singkronisasinya sistematis antara dari tribrah dan alat, selanjutnya,
3. Pengoperasian alat:
di sini anda akan bertemu dengan yang namanya Metoda, dan tujuan.. tujuan anda untuk apa?
apakah untuk mengukur situasi? atau poligon?

yang pertama anda setting belakang dan muka (Backsight dan Forsight), kemudian lakukan Orientasi sudut azimut, tentukan arah pengukuran, kemudian bidik pas senter prisma, dan lakukan pengecekan Orientasi koordinat.

kemudian rencanakan jalur perngukuran coba anda tentukan poligon loops untuk melakukan perhitungan poligon, dari tembakan belakang, kemudian depan.. di depan anda lakukan tembakan ulang ke belakang sehingga membentuk sudut jurusan...


Sudut azimut adalah:
sudut putar dari arah Barat hingga Timur. Sebagai referensi sudut nol dipakai arah mata angin Utara. Tanda (+) berarti arah putar searah jarum jam dari sudut nol, tanda (-) untuk arah sebaliknya. Sebagai contoh, dari sudut nol ke arah Timur tepat adalah 90 derajat, dan Barat adalah sudut -90 derajat.

Sudut Jurusan Adalah:
Sudut Jurusan (Azimut) Azimut adalah sudut yang diukur searah jarum jam dari sembarang meridian acuan. Dalam pengukuran tanah datar, Azimut biasanya diukur dari utara, tetapi para ahli astronomi, militer dan National Geodetic Survey memakai selatan sebagai arah acuan.3 

Selanjutnya, lakukan hingga anda bertemu kembali di 2 titik awal pengukuran, itu yang di namakan poligon tertutup, hitung manual dengan menggunakan Program Civil 3D atau Land Desktop.Tutorial  Civil 3d Bisa di baca di sini.

untuk belajar pemetaan anda harus mengikuti dan mempelajari prinsip dasarnya, yang saya bahas adalah prinsip dasar cara pengukuran, untuk teori silahkan di cari sendiri karena jika anda berminat silahkan hubungi kami untuk belajar secara Gratis (Tergantung waktu dan tempat)

dan jika ini bermanfaat silahkan di beri komentar, jika ada kekurangan silahkan di beri komentar juga nanti akan kami lengkapi sampai dengan pembahasan software untuk pengukuran darat, laut , udara, survey kontruksi, laser scanning dll.

baca juga untuk jasa survey mining